Akibat Tingginya Curah Hujan, Bantaran Sungai Kasin Longsor

0

Hujan terkadang membawa keberkahan bagi seluruh makhluk hidup, tapi hujanpun dapat menghatarkan pada bencana.Sistem penyerapan air yang tidak mendukung sering berkibat banjir.Selain banjir longsorpun juga dapat terjadi.

Tingginya curah hujan di awal Februari 2018 ini terus menyebabkan bencana longsor di wilayah Kota Malang. Salah satunya di bantaran Sungai Kasin yang melintasi Kelurahan Tanjungrejo.

Kejadian longsor tersebut berlangsung Senin (5/2/2018) kemarin. Hujan yang mengguyur wilayah setempat dengan intensitas tinggi menyebabkan tanah di bantaran sungai terkikis aliran air hujan. Pondasi yang tidak kokoh pun menyebabkan dua rumah warga di Jalan Kasin Jaya III.

Kepala Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Kota Malang J Hartono menguraikan, longsor tersebut terjadi di bagian belakang rumah milik Endah Sulistyowati dan Hidayat Irawan.

Rumah pertama mengalami longsor di bagian dapur dan kamar tidur. Sementara rumah Hidayat longsor di halaman tempat jemuran.

Akibat kejadian tersebut, Endah dan empat anggota keluarga lainnya musti mengungsi di rumah saudaranya. Sebab, tempat tinggalnya tak lagi aman untuk dihuni.

Berdasarkan kaji cepat tim BPBD Kota Malang, dimensi longsordi lokasi sepanjang sekitar 11 meter dengan lebar lebih dari dua meter. Tanah yang ambrol memiliki ketinggian sekitar  3 meter dari muka air sungai.

Selain menugaskan personil Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk melakukan assesment terkait kerusakan, kerugian, dan sumber daya yang terdampak di lokasi kejadian, BPBD Kota Malang juga memasang barricade line di sekitar lokasi kejadian. Pihaknya juga meminta kepada RT/RW setempat untuk membuat laporan kejadian ke pihak kelurahan.

Wargapun berharap agar kejadian ini dapat ditemukan solusinya supaya tidak terulang kembali dan memakan korban.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.