LEMBAGA PENDIDIKAN DI KELURAHAN KASIN

0

Untuk meningkatkan pengetahuan/pendidikan masyaraka tKelurahan Kasin Kecamatan Klojen Kota Malang , telah diadakan berbagai kegiatan antara lain :

  1. TBM (Taman Baca Masyarakat) yang diperuntukan bagi semua lapisan masyarakat guna menunjang peningkatan pengetahuan dan ketrampilan masyarakat. Taman Baca Masyarakat ini ada di Kantor Kelurahan yang dikelola Kelurahan dengan Tim Penggerak PKK Kelurahan Kasin
  1. PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), di Kelurahan Kasin Kecamatan Klojen Kota Malang terdapat 11 PAUD yang ada di 11 RW sehingga masing-masing RW mempunyai PAUD yang dilekola oleh RW dan Kelompok PKK RW. Keberadaan PAUD ini mendapatkan pembinaan dari Kelurahan dan Tim Penggerak PKK Kelurahan Kasin Kecamatan Klojen Kota Malang serta pembinaan dari Dinas Pendidikan Kota Malang. Dengan banyaknya PAUD yang ada di masing-masing RW sehingga akan memudahkan masyarakat untuk menyekolahkan anaknya untuk memperoleh pendidikan untuk usia dini;
  2. BKB (Bina Keluarga Balita), Bahwa dalam rangka mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) berawal dari pendidikan Balita dipandang perlu ada koordinasi secara terpadu, efektif dan efisien untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas sehingga dibentuk BKB. BKB yang ada di Kelurahan Kasin yaitu BKB Gardena dibentuk sesuai Surat Keputusan Kepala Kelurahan Kasin nomor 3 Tahun 2014, BKB Melati dibentuk sesuai Surat Keputusan Kepala Kelurahan Kasin nomor 2 Tahun 2014 dan BKB Nusa Indah dibentuk sesuai Surat Keputusan Kepala Kelurahan Kasin nomor 4 Tahun 2014 dan BKB yang ada terintegrasi dengan PAUD yang dilaksanakan untuk memberikan informasi, ketrampilan dan penyuluhan yang rutin dilaksanakan kepada Ibu-ibu yang memiliki Balita mengenai pengetahuan tumbuhkembang anak sehingga anak mendapatkan pendidikan selain di sekolah juga pendidikan di rumah.
  1. Taman Kanak-Kanak Alam Akhlaq Mulia, TK Alam Akhlaq Mulia merupakan yayasan yang didirikan atas prakarsa Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) dengan Kelurahan Kasin dengan Akta Pendirian oleh Faisal Abdullah Waber, SH pada hari Kamis tanggal 31 Mei 2014 dan sudah mendapatkan Ijin Operasional PAUD Oleh Dinas Pendidikan Nomor 421.9/3294/35.73.307/2013 tanggal 6 Maret 2013, untuk menampung anak-anak lulusan PAUD di Kelurahan Kasin terutama anak-anak dari keluarga tidak mampu untuk tetap bisa mengenyam pendidikan. Tk Akhlaq Mulia mempunyai visi mewujudkan anak-anak yang berakhlaq mulia, mandiri, terampil, berkepribadian serta berwawasan sedangkan misi TK Akhlaq Mulia yaitu:
  • Membentuk anak yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  • Membentuk pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab
  • Membentuk anak yang terampil dan berwawasan.
  1. Pengajian Uswatun Hasanah,kegiatan yang diikuti oleh hampir semua lapisanmasyarakat dan rutin diadakan setiap bulan di Kelurahan Kasin Kecamatan Klojen Kota Malang.
  1. TPQ (Taman Pendidikan Qur’an)yang tersebar hampir disemua RW diwilayah Kelurahan Kasin Kecamatan Klojen Kota Malang , dikhususkan untuk pembinaan anakmuslim usia TK sampai SD/SMP.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.